Breaking News
Loading...
Wednesday, October 1, 2014

Info Post
Resep Ayam Goreng Kalasan | MEnu masakan satu ini berasal dari dari kota gudeg. Mana lagi kalu bukan Yogyakarta.Selain terkenal akan gudegnya,ada salah satu menu masakan yang sangat populer di kota ini,yakni Ayam Goreng Kalasan. Waktu yang cukup lama untuk memasak menu masakan ini membuat rasanya juga akan sangat menggugah selera makan anda. Tidak usah jauh-jauh pergi ke Yogyakarta untuk menikmati makanan ini,karena sudah banyak rumah makan yang menjual menu masakan ini.Atau bahkan anda bisa membuatnya sendiri dirumah anda. Berikut akan saya bagikan Resep Ayam Goreng Kalasan untuk anda coba dirumah.

Resep Ayam Goreng Kalasan
Resep Ayam Goreng Kalasan

Bahan utama untuk membuat ayam goreng kalasan ini adalah daging ayam sebanyak 1 ekor,1 buah jeruk nipis yang diambi air perasannya saja,kemudian 300ml air kelapa muda,5 siung bawang putih yang telah dihaluskan,lalu 2 lembar daun salam,5 butir kemiri yang telah halus,1 sendok makan garam dan minyak goreng secukupnya.Bahan utama dan bahan untuk bumbunya sudah siap,jangan lupa yang paling penting untuk siapkankan juga sambal sebagai pasangannya.Bahan untuk sambalnya sendiri antara lain,100 gram cabe merah yang besar,3 cabe rawit merah,1 buah tomat yang masih segar,3 siung bawang putih,lalu 4 butir bawang merah,ada juga ½ sendok teh garam dan terasi,yang terakhir 1 sendok makan gula merah.

Resep Ayam Goreng Kalasan
Resep Ayam Goreng Kalasan


Langkah awal untuk membuat ayam goreng kalasan ini adalah melumuri dengan air perasan jeruk nipis daging ayam yang telah terpotong menjadi 4 bagian tadi,kemudian tambahkan juga kemiri,garam dan bawang putih yang telah dihaluskan.Kemudian baru aduk dan biarkan selama kurang lebih 30 menit .Setelah itu rebus daging ayamnya menggunakan air kelapa, tambahkan juga daun salamnya. Kemudian masak dengan api yang sangat kecil dan aduk rata sampai ayamnya lunak dan kuahnya juga mulai mengental. Langkah berikutnya adalah panaskan minyak goreng, Baru goreng ayam ketika minyak sudah panas. Dan angkat kalau daging ayam sudah berubah warna gold. Sekarang anda tinggal menyiapkan sambalnya. Masukkan bahan-bahan sambalnya kecuali garam dan gula merah kedalam sedikit minyak panas,goreng sampai bahan sedikit layu.Kemudia nangkat dan taruh di atas cobek,kemudian ulek atau haluskan.Setelah itu masak lagi,kali ini tambahkan gula merah,garam serta kaldu ayam.Aduk dan masak sampai sambal mengental.

Terakhir sajikan dengan dengan Ayam gorengnya, Resep Ayam Goreng Kalasan ini hanya untuk 4 porsi saja.Selamat mencobanya dirumah,semoga keluarga anda semua menyukainya.

0 comments:

Post a Comment