Breaking News
Loading...
Wednesday, October 1, 2014

Info Post
Resep Telur Bumbu Rawon | Rawon biasanya disajikan dengan daging sapi. Bumbu rawon yang berwarna hitam itu kini coba digabungkan dengan telur. Bagaimana rasanya ketika telur diberi bumbu rawon tersebut? Sensasi makan yang berbeda pasti akan Anda rasakan. Sekarang saya bagikan resep telur bumbu rawon ini kepada Anda yang biasa bereksperimen dengan berbagai macam masakan. Bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya saya cantumkan sebagai berikut :

Resep Telur Bumbu Rawon
Resep Telur Bumbu Rawon

1. Bahan-bahan yang harus disiapkan : Kali ini saya mencontohakan untuk 10 porsi. Karena itu, saya menggunakan 10 butir telur ayam yang telah direbus kemudian digoreng saat masih berkulit. Siapkan 50 ml kaldu sapi. Lalu, sediakan 3 lembar daun jeruk yang telah dibuang bagian tulang daunnya. Kemudian, sediakan 1 batang serai yang telah dimemarkan. Lalu, tambahkan pula 1 batang daun bawang yang sudah diiris halus. Siapkan juga ½ sendok makan garam. Tambahkan pula masing-masing ¼ sendok teh merica bubuk dan gula pasir. Terakhir, siapkan 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis.

2. Bahan-bahan untuk bumbu halus : Sebagai bahan untuk bumbu halusnya, siapkan dahulu 6 butir bawang merah dan 2 siung bawang putih. Lalu, sediakan 5 buah keluak yang sudah diseduh. Siapkan sedikit saja kunyit yang yelah dibakar yang ukurannya kira-kira 1 cm. Siapkan juga 2 butir kemiri yang telah disangrai.

Resep Telur Bumbu Rawon
Resep Telur Bumbu Rawon

3. Cara membuatnya : Pertama-tama, tumis bahan-bahan yaitu bumbu halus tadi bersamaan dengan serai dan daun jeruk sampau beraroma wangi. Lalu, tambahkan daun banwang dan aduk hingga merata. Kemudian, tuang hasil menumis tadi ke dalam rebusan daging. Setelah itu masukkan garam, gula pasir dan merica bubuknya. Masak di atas kompor dengan api kecil sampai matang. Setelah itu tuang perlahan kaldu sapi dan aduk hingga mendidih. Terakhir, tambahkan telur dan aduk hingga bumbu meresap merata.

4. Tips masakan : Agar dapat disantap lebih nikmat, Anda dapat membuat sambal goreng terasi dan kerupuk udang. Kombinasi tersebut akan semakin menggugah selera makan.

Kini selesai sudah masakan baru Anda. Resep telur bumbu rawon ini juga dapat Anda bagi kepada teman-teman Anda yang ingin mencobanya. Seperti tips yang saya tuliskan di atas, Anda dapat menambahkan beberapa camilan seperti kerupuk udang untuk menemani saat bersantap Anda.

0 comments:

Post a Comment